01 September 2009

BATU AKIK ANUGRAH ALAM UNTUK MANUSIA

Illahi memberikan anugerah dalam perut bumi berupa Batu Mulia…

Batu Mulia atau Batu Permata, Batu akik, Batu bergambar adalah berasal dari alam yang merupakan kekayaan alam, walaupun kini banyak teknologi yang dapat membuat campuran menjadi bentuk yang hampir mirip dengan aslinya atau biasa yang disebut batu sintetis….

Didunia perbatuan, jenis batu permata dibedakan menjadi dua. Pertama, batu permata premium yang disebut precious colour stone. Di lapis tertinggi ini meliputi rubi, mirah, jamrud (emerald), safir, dan mata kucing (ukurannya sebesar mata kucing). Ciri khas batu premium adalah tingkat kekerasaannya yang mendekati berlian. Di lapis bawahnya ada intan, giok, amatis (kecubung), topas, pirus, jaspis, akik yang dikenal dengan semiprecious colour stone.

Tinggi-rendahnya harga batu mulia ditentukan kualitas kristalnya, warna yang dipancarkan (muda atau tua), cacat atau tidak, clarity atau kejernihan kilau, serta keistimewaannya. Misalnya, batu safir atau mirah, harus dilihat permukaannya: ada bintangnya atau tidak. Di batu mata kucing, ada garis (inden) yang terlihat bila kena cahaya, dan garis inilah yang membuat harganya lebih mahal.

<

Batu Mulia atau Batu permata berasal dari campuran mineral alam yang memiliki komposisi kimia alam, dan struktur kristal yang berbeda-beda yang dapat menjelma menjadi berbagai jenis batu permata, dan yang jelas memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda pula, dan dipercaya memiliki khasiat alam yang berbeda pula. Gambar pada tulisan ini adalah sebagian koleksi jenis batu mulia atau batu permata penulis, diantaranya ada dalam gambar koleksi batu adalah : Agate (akik), Amethyst (kecubung), Aquamarine, Beryl Bloodstone (batu darah), Carnelian Chrysoberyl (mata kucing/Cat eye), Citrine, Cubic Zirconia, Emerald (Zamrud), Garnet, Jade (giok) , Moonstone (batu bulan), Opal (kalimaya), Rubicelle (spinel), Ruby (Batu merah delima, Batu nilem), Topaz, Safir (Black Safir, Birma, Australia, Celon)

Masing-masing jenis batu permata memiliki kelebihan, dan keindahan, bahkan khasiat yang dipercaya banyak orang mendatangkan sesuatu kelebihan apabila dipergunakan oleh si pemilik. Selain Batu permata yang tergolong batu mulia, ada pula batu yang berasal dari alam yang biasa orang menyebut sebagai batu akik/batu aji.

Beberapa koleksi Batu akik penulis adalah Biduri Pandan, Lapis Lazuli, Batu Fosil, Fosil Kayu, Rambut Cendana, Panca warna, Sulaeman, Badar Besi, Nilam, Biduri Laut, Tapak Jalak, Kecubung Combong, Mani Gajah, Batu Wulung, dan ada beberapa jenis lain. Sejalan dengan sebutannya, batu-batuan yang disebut batu akik ini ini banyak mengandung unsur mistis tanpa mengurangi unsure keindahan yang dimiliki. Sebutlah akik Kecubung Combong yang dipercaya memiliki daya magis dalam memikat wanita, Akik Badar Besi yang dipercaya memiliki kekuatan dan kesaktian anti senjata tajam, Akik Biduri Pandan yang memiliki kelebihan magis berupa charisma, dan pengasihan, dan Akik Mani Gajah yang konon cerita memiliki harga Rp 300 Juta/gram harga yang sangat fantastis untuk akik langka yang disebut Mani Gajah yang memiliki daya magis rejeki plus pengasihan ini.

Terlepas dari asal muasal batu permata ataupun batu akik dengan segala unsur alam, dan non alam yang dimiliki, pelajaran yang dapat kita kutip disini adalah bahwa Sang Pencipta memberikan anugerah kekayaan dalam perut bumi yang tidak ternilai keindahannya dan memberikan keindahan di permukaan bumi serta meratakan rejeki bagi para pelaku bisnis batu permata. Untuk itu tidaklah manusia diciptakan dibumi ini hanya untuk beribadah kepadaNya, akan tetapi banyak manusia terlupa bahwa segalanya berasal dari Allah SWT dan akan kembali kepada Allah SWT. Kita hanya bagian dari butiran pasir dipantai yang terlalu pongah kepada lautan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar